Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) ~ Don't Hate Math

Latest courses

3-tag:Courses-65px

Rabu, 21 Oktober 2020

Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV)

 Bismillahirahmanirahim.

Kali ini admin bagikan beberapa model soal cerita yang berhubungan dengan sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV).

Berikut beberapa soal cerita.

1). Seorang saudagar mencampur 3 jenis teh. Apabila ia mengambil 15 kg teh jenis 1 dan 5 kg teh jenis 2, maka harga rata-ratanya adalah Rp.2.500.00, Apabila 25 kg teh jenis 1 dicampur dengan 15 kg teh jenis 3 maka harga rata-ratanya adalah Rp.2.630.00, jika 2 kg teh jenis 1 dicampur dengan 3 kg jenis ke 2 dan 5 kg teh jenis ke 3 maka harga rata-ratanya adalah Rp.2.750.00, Berapakah harga 1 kg tiap jenis teh tersebut.?


2). Sebuah bilangan terdiri atas tiga angka, yang jumlah angka-angkanya adalah 12. Apabila bilangan yang terbentuk oleh kedua angka yang pertama dibagi dengan angka terakhir, maka hasil baginya adalah 4, dan apabila angka puluhan dibagi jumlah dari kedua angka lainya, maka hasil baginya ½ . Bilangan berapakah bilangan tersebut.


3). Pada suatu perusahaan mebel, kemampuan dan keterampilan pekerjanya rata-rata sana. Untuk merakit 6 set kursi selama 12 hari dibutuhkan tenaga 8 orang. Jika ingin merakit 50 set kursi dengan 32 orang pekerja, maka waktu yang diperluhkan adalah


4). Sebuah bilangan terdiri atas tiga angka. Apabila bilangan tersebut dibagi dengan bilangan yang diperoleh dari urutan terbalik ketiga angka tersebut, maka hasilnya sama dengan 2 dan sisanya adalah 25. Angka puluhan kurang satu dari dua kali jumlah ratusan dan satuan. Apabila angka satuan dikurangkan dengan angka puluhan, maka hasilnya adalah dua kali bilangan ratusan. Tentukan bilangan itu


5). Ani dan Dian bekerja bersama-sama dapat menyeleikan sebuah pekerjaan selama 4 hari. Dian dan Toto bekerja bersama-sama dapat menyelesaikan pekerjaan yang sama selama 3 hari, sedangkan Ani dan Toto bekerja bersama-sama dapat menyelesaikan pekerjaan tersebut selama 2,4 hari. Jika mereka bekerja sendiri-sendiri, maka berapakah waktu yang mereka butuhkan.?


Untuk beberapa pembahasan soal cerita dan pecahan berikut video penjelasanya



Berikut adalah lampiran video cara penyelesaian spltv dengan menggunakan metode substitusi murni, eliminasi murni, campuran dan determinan.

Substitusi murni.



Eliminasi Murni


Campuran


Determinan














0 komentar:

Posting Komentar