Berikut Daftar Materi untuk KSN Komputer ( TIK )
Silabus KSN Informatika Komputer
1. Dasar-dasar Pemrograman
- Syntax dan semantic dasar dari bahasa yang diperbolehkan pada OSN yang bersangkutan
- Variables, types, expressions, dan assignment
- Masukan dan keluaran dasar
- Kondisional dan iterasi
- Fungsi dan parameter
2. Operasi Logika dan Bitwise Operator
- Operator logika dasar (konjungsi, disjungsi, implikasi, biimplikasi, disjungsi eksklusif)
- Tabel kebenaran
- Modus Ponens dan Modus Tollens
3. Aritmetika
- Bilangan bulat, operasi (termasuk perpangkatan), perbandingan
- Sifat-sifat bilangan bulat (tanda, paritas, keterbagian)
- Operasi-operasi modular dasar (penjumlahan, pengurangan, perkalian)
- Perpangkatan modular
- Bilangan prima
- Bilangan pecahan, persentase
- Teori bilangan
- Teori himpunan
4. Aturan Berhitung
- Aturan penjumlahan dan perkalian
- Barisan aritmetika dan geometri
- Bilangan Fibonacci
- Permutasi dan kombinasi
- Probabilitas
- Pigeonhole Principle ( Prinsip Burung Merpati)
- Prinsip Inklusi dan Eksklusi
- Segitiga Pascal, Teorema Binomial
5. Rekursi
- Konsep rekursi
- Fungsi matematis rekursi
- Prosedur rekursi sederhana
- Divide-and-conquer
- Backtracking
6. Pencarian dan Pengurutan
- Linear Search
- Binary Search
- Bubble Sort, Insertion Sort
- Quick Sort, Merge Sort, Heap sort
7. Strategi Pemecahan Masalah
- Brute-force
- Greedy
- Divide-and-conquer
- Backtracking (rekursif dan bukan rekursif)
- Dynamic Programming
8. Struktur Data
- Tipe data primitif (Boolean, integer, character, floating point numbers)
- Array (termasuk multidimensi)
- String dan operasinya
- Stack dan Queue
- Binary Heap
- Disjoint Sets
9. Graf dan Tree
- Tree dasar (termasuk rooted tree)
- Graf berarah dan graf tak berarah
- Graf berbobot dan graf tak berbobot
- Representasi graf (Adjacency List, Adjacency Matrix, Edge List)
- Traversal strategy (BFS, DFS, Connectedness)
- Shortest Path (Algoritma Dijkstra, Algoritma Bellman-Ford, Algoritma Floyd-Warshall)
- Minimum Spanning Tree (Algoritma JarnÃk-Prim, Algoritma Kruskal)
10. Geometri Dasar
- Garis, segmen garis, sudut
- Segitiga, persegi, persegi panjang, lingkaran
- Titik, koordinat pada bidang Cartesius 2 dimensi
- Jarak Euclidean
- Teorema Pythagoras
Soal, Kunci dan Pembahasan OSK Informatika ( Komputer ) 2019
Soal dan Pembahasan OSP Informatika (Komputer ) 2019
Soal OSN Informatika 2019
Untuk Mendapatkan soal-Soal OSK, OSP, dan OSN tahun-tahun sebelumnya silahkan kunjungi link berikut.
Berikut Beberapa Lampiran Materi untuk KSN Informatika yang Admin buat.
Berikut Beberapa video Penjelasan Materi untuk KSN informatika
0 komentar:
Posting Komentar